Ilmu Budaya Dasar

Image

Budaya, menurut sejarahnya budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi yang diartikan sebagai hal – hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Bila dikaji lebih lanjut definisi dari budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang yang dimiliki sekelompok orang dan diwarisi dari generasi ke generasi. Budaya itu sendiri pun terdiri dari berbagai komponen – komponen yang rumit seperti ; agama, bahasa, karya seni dan pakaian.

Saya akan sedikit memberikan contoh dari komponen – komponen budaya yang saya sebutkan tadi.

Agama : perbedaan agama antara orang – orang yang hidup di Jazirah Arab dengan penduduk yang tinggal di Eropa. Penduduk yang tinggal di Jazirah Arab cenderung menganut agama Islam karena itulah agama yang dianut oleh nenek moyang mereka begitu juga dengan penduduk Eropa, mayoritas penduduk Eropa menganut agama Kristiani karena itu sudah menjadi bawaan dari nenek moyang mereka. Sama halnya seperti saat seorang anak harus mengikuti kepercayaan yang sama seperti yang dianut oleh orang tuanya.

Bahasa : mungkin bahasa adalah ilmu yang paling sering diajarkan secara turun –temurun. Setiap daerah mempunyai bahasa mereka sendiri, perbedaan bahasa memberikan ciri khas tersendiri terhadap suatu daerah. Saya ambil contoh yang dekat-dekat saja, seperti di Indonesia, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beraneka ragam budaya yang menghiasi kepulauannya dari Sabang sampai Merauke. Di Indonesia juga kita bisa menemukan beraneka ragam bahasa daerah yang selalu menjadi ciri khas setiap daerah. Contohnya seperti bahasa daerah Medan yang terkenal dengan logatnya yang keras dan lantang yang bertolak belakang dengan bahasa daerah Solo yang terkenal dengan bahasa yang sopan dan lemah lembut.

Karya seni : karya seni memang selalu berbeda- beda, tidak hanya daerah tetapi setiap individu mempunyai karya seni yang berbeda yang dikarenakan oleh hasrat seni yang berbeda pula. Saya mengambil contoh dari Indonesia lagi, berbedanya lagu – lagu khas daerah membuat seni musik di Indonesia semakin beragam. Seperti halnya lagu Es Lilin dari Bandung atau Jali – Jali dari Jakarta, dinyanyikan dengan logat daerah masing – masing dan diiringi dengan alat musik khas daerah masing – masing, bila kedua lagu ini dibandingkan dengan lagu dari daerah Merauke atau Indoesia bagian timur lainnya tentu irama dan nadanya sangat berbeda. Indonesia bagian timur cenderung memiliki irama yang lebih menghentak dan dinyanyikan dengan nada semangat.

Pakaian : pakaian merupakan komponen budaya yang paling menarik perhatian. Sebagai contoh pakaian khas negara Jepang yaitu Kimono. Kimono ini selalu saja berhasil menarik mata setiap orang yang melihatnya dan membuat si pengagum ingin mempelajari lebih dalam kebudayaan Jepang. Contoh lainnya mungkin seperti Batik di Indonesia, meskipun sempat bersitegang dengan negara tetangga akhirnya Indonesia berhasil mengklaim bahwa Batik adalah warisan kebudayaan leluhur bangsa Indonesia yang patut dijaga dan dilestarikan. Batik sekarang tidak lagi identik dengan kondangan atau acara pernikahan sekarang warga Indonesia bangga memakai Batik di kegiatan sehari – harinya sehingga dunia luar dapat melihat budaya pakaian khas Indonesia.

Dari contoh – contoh diatas dapat disimpulakan bahwa

Budaya atau kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Dan bentuk perwujudan dari kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

source from :

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s