Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Perkembangan Sosial di Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di dunia. Banyak perubahan – perubahan yang terjadi selama perkembangan Indonesia. Mulai dari perkembangan di bidang sosial sampai ke bidang teknologi. Disini saya akan sedikit membahas tentang perkembangan sosial yg dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk.

Seperti yang saya kutip dari Tempointeraktif.com tanggal 14 Juli 2011 “Indonesia berada di urutan keempat untuk negara berpopulasi terbesar, setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Populasi penduduknya mencapai 237,6 juta orang pada 2010. Menurut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sugiri Syarief, laju pertumbuhan penduduk Indonesia sekitar 1,49 persen per tahun. ”Artinya, setiap tahun jumlah populasi membengkak 3,5 juta hingga 4 juta orang,” ujar Sugiri dalam pembukaan Seminar dan Peluncuran Kampanye “Dunia dengan 7 Miliar Penduduk” di Istana Wakil Presiden, Jakarta, kemarin.” Dari kutipan tersebut dapat disimpulkan bahwa laju pertumbuhan penduduk Indonesia sangat kencang dan ini akan sangat mempengaruhi perkembangan sosial yang ada di masyarakat.

Karena dipengaruhi oleh lonjakan penduduk yang sangat tinggi atau baby booming perkembangan sosial dapat meliputi segala aspek masyarakat, seperti  : perkembangan dalam cara berpikir dan interaksi sesama warga yang sebelumnya masih irrasional menjadi semakin rasional, perkembangan  dalam sikap dan orientasi kehidupan ekonomi yang sebelumnya hemat menjadi makin komersial, perkembangan tata cara kerja sehari-hari yang makin ditandai dengan pembagian kerja pada spesialisasi kegiatan yang makin tajam, perkembangan dalam kelembagaan  dan kepemimpinan masyarakat yang makin demokratis, perkembangan dalam tata cara dan alat-alat kegiatan yang makin modern dan efisien.

Saya harap dengan pesatnya laju pertumbuhan penduduk di Indonesia dapat memberikan dampak yang baik bagi perkembangan sosial yang berkembang di dalam negeri. Tidak seperti di Cina, yang beberapa waktu lalu sempat terdengar kabar bahwa Negara Tirai Bambu tersebut sedang dilanda krisis sosial.

 

sumber:

pustaka.ut.ac.id

izzahluvgreen.wordpress.com

Tempointeraktif.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s